Minggu, 19 Maret 2023

DOA ZIARAH KUBUR BESERTA ARTINYA

 Doa ziarah kubur merupakan doa yang dibaca ketika seseorang mengunjungi makam. Berikut ini adalah doa ziarah kubur beserta sumbernya:

1. Doa Ziarah Kubur yang Umum

"Allahummaghfir lii wa li haadzihil qubuur, warrhamnaa wa iyaa-haa, wa 'aafii maa waaladnaa wa kullu man saalihalanaa wa saalim li-muslimiin waal-muslimaat, wal-mu'miniina wal-mu'minaat, al-ahya-i minhum wal-ammaati innaka mujibu adda'awaat, innaka 'alaa kulli syai-in qadiir."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan orang-orang yang ada dalam kubur ini. Kasihanilah kami dan mereka, berikanlah keselamatan bagi kami dan bagi mereka. Lindungilah kami, anak-anak kami, dan semua orang yang berbuat baik kepada kami. Berilah keselamatan kepada semua muslim dan muslimah, semua mukmin dan mukminah, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia. Sesungguhnya Engkau Maha Membalas doa-doa, dan Maha Kuasa atas segala sesuatu."


Sumber: HR. Muslim dalam Shahih Muslim (No. 975)

2. Doa Ziarah Kubur yang Disunnahkan di Hari Jumat

"As-salaamu 'alaykum ahla quboori minal mu'miniina wal muslimiina wa innaa insya-Allah bikum laahiqun, nas'alullaha lanaa wa lakumul 'aafiyah."

Artinya: "Semoga sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari orang-orang mu'min dan muslim. Kami juga insya-Allah akan menyusul kalian. Kami memohon perlindungan Allah untuk diri kami dan kalian."


Sumber: HR. Muslim dalam Shahih Muslim (No. 973)


3. Doa Ziarah Kubur untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

"Assalaamu 'alaikum, ya ahlal qubuur. Yaghfirullahu lana wa lakum, antum salafuna wa nahnu bil-aakhirah, inshaAllah bikum laahiqun."

Artinya: "Salam sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kalian, kalian adalah orang-orang yang mendahului kami dan kami akan menyusul kalian nanti, insyaAllah."

Sumber: HR. Muslim dalam Shahih Muslim (No. 974)


Catatan: Ada beberapa versi doa ziarah kubur yang berbeda-beda tergantung dari sumber dan tradisi yang diikuti. Namun, intinya tetap sama yaitu untuk memohon ampunan dan keselamatan bagi penghuni kubur dan orang yang masih hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar