Selasa, 24 Februari 2015

TUMBUH KEMBANG REMAJA






1.      Tumbuh kembang remaja.
Semua orang pasti akan menjadi atau merasakan menjadi remaja, ya tak bisa dipungkiri bahwa siklus idup manusia itu adalah dari mulai anak-anak kemudian remaja lalu menjadi dewasa. Seperti dilihat dari siklus kehidupan manusia bahwa remaja berada diantara anak-anak dan dewasa . oleh sebab itu masa remaja adalah masa yang paling rawan atau disebut masa transisi dari kehidupan anak-anak menjadi dewasa. Dan dalam masa itu masa remaja adalah masa paling rawan untuk di masuki hal-hal yang negative atau positif tergantung sejauh mana kita bisa mempertahankan keimanan kita.
Oleh sebab itu namanya masa perubahan pasti banyak hal-hal yang berubah. Perubahan ini khususnya menyangkut perubahan fisik termasuk kematangan seksual yang biasa disebut sebagai masa puber.
Kadang perubahan ini begitu cepat terjadi sebagai contoh ketika kita minta dibelikan sepatu baru karena kesempitan padahal sepatu  itu baru dibelikan dua bulan yang lalu, nah itu yang disebut masa perubahan memang pada umur 12-14 tahun perubahan badan itu sangat cepat

Hal-hal yang berubah pada cewek dan cowok pada masa remaja yaitu :
1.      Pada cewek ditandai :
a.       Badan tumbuh tinggi dan besar, panggul membesar
b.      Payudara mulai membesar.
c.       Tumbuh rambut pada ketiak dan kelamin.
d.      Mulai berjerawat.
e.       Mensturasi.
2.      Pada cowok ditndai :
a.       Badan tumbuh tinggi dan besar, otot dada bahu dan dada melebar.
b.      Tumbuh jakun dan suara jadi parau (serak)
c.       Tumbuh kumis, jambang, jenggot, dan rambut diktiak dan kelamin, bisa juga tumbuh rambut didada.
d.      Mulai berjerawat.
e.       Mimpi basah.

Note : cewek dan cowok kalau mulai remaja mulai sama-sama banyak keringat dan mulai agak bau. Makanya harus jaga kebersihan diri.
Perkembangan jiwa remaja.
Remaja ternyata tidak hanya berubah fisik saja, tapi keadaan jiwanya juga berubah . perubahan ini sungguh sangat berpengaruh prilaku remaja. Sebagai contoh kita sangat bersemangat, lebih kreatif, senang berpetualang, jatuh cinta. Namun kadang-kadang mudah marah, bosan, aptis, kadang bĂȘte. Hal ini sangat wajar dialami oleh seorang remaja pada masa-masa pertumbuhan karena itu merupakan suatu proses perkembangan jiwa menuju dewasa, jiwa itu meliputi emosi, kecerdasaan dan interaksi dengan orang lain.
Terkadang kita mengartikan emosi sama dengan marah sebenarnya tidak sama sekali sebenarnya marah adalah salah satu bentuk emosi. Sedangkan emosi adalah reaksi sesaat yang biasanya muncul dalam bentuk prilaku. Bentuk-bentuk lain emosi seperti gembira, khawatir, takut, cemburu, rasa ingin tahu,cems, sebal.
Perkembangan emosi tidak selalu sejalan dengan perkembangan fisik maksudnya adalah belum tentu remaja yang badannya besar bisa mengendalikan emosi.
Fase remaja dibagi menjadi 3 point yaitu :
1.      Remaja awal antara 10-14 tahun.
2.      Remaja menengah antara 15-16 tahun.
3.      Remaja akhir antara 17-19 tahun.
Cirri-ciri remaja sehat jiwanya.
1.      Bisa menerima diri apa adanya.
2.      Bisa menerima orang lain apa adanya.
3.      Mampu mengatasi stress dan menyelesaikan masalah dengan baik.
Permasalahan Remaja.
Banyak sekali permasalahan yang dialami remaja seperti jerawat gak hilang-hilang, putus dengan pacar, orang tua nasehatin terus, tugas sekolah numpuk, gebetan gak dapet-dapet, macam-macam deh….  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar