Minggu, 22 Maret 2015

Tips dalam memulai usaha bagi mahasiswa


Bagi seorang mahasiswa tentunya kebutuhan akan meningkat siring dengan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan. Terkadang aktivitas-aktivitas tersrbut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. belum lagi kebutuhan buat perkuliahan seperti buku, fotocopy materi ini itu, dan lain sebagainya. 
Bagi mereka yang memang kondisi finansial keluarganya tergolong orang kaya, tentu itu bukan menjadi masalah. Namun, bagi para mahasiswa yang memang kondisi finansial keluarganya menengah kebawah tentu akan menjadi beban apalagi bagi mahasiswa yang jauh dari kampung halaman. 
Tak jarang, banyak mahasiswa yang bekerja part time atau paruh waktu untuk mencari uang tambahan. Namun, banyak dari para mahasiswa juga yang memiliki keingin dan mempunyai niat untuk berbisnis sebagai usaha sampingan. Berikut tips yang mungkin bermanfaat bagi kalian para mahasiswa untuk memuilai berbisnis.
1.      Peluang.
Untuk memulai membuka bisnis, pastikan dulu sasaran yang memang hendak kita capai. Apakah mahasiswa rekan seperjuangan, anak-anak, ataupun masyarakat luas yang akan membeli dan menjadi sasaran produk atau usaha kita. Observasi di tempat yang kalian tempati misalnya observasi lingkungan sekitar kampus anda. Makanan apa atau apa yang belum terdapat di tempat itu serta barang apa atau jasa apa yang jelas dibutuhkan namun tidak terdapat di lingkungan tersebut.
2.      Modal.
Setelah kita ketahui peluang yang memang pas dan menurut anda akan diterima oleh orang banyak. Maka, hal yang terpenting dan yang mengganjal dari para pemulai bisnis adalah modal. Memang, modal menjadi sebuah permasalah serius dan tak jarang seseorang yang memang sudah memiliki keinginan untuk berbisnis terkendala dengan modal atau sumber modal sehingga menjadikan niat berbisnis tersebut hanya angan-angan saja. Namun, untuk mengatasi permasalahan yang astu ini terdapat beberapa cara yang mudah dan relatif tidak beresiko. Pertama dengan mencari parten dalam melakukan bisnis. 
Cari teman dan sahabat anda untuk ikut terjun dalam bisnis tersebut dan memungkinkan untuk diajak berpatungan dalam permodalan. Cara lain yaitu dengan menyisihkak sedikit uang jajan perhari untuk digunakan modal awal dalam usaha harus bertahap mulai dari sedikit serta dicoba dulu apakah dengan sedikit respon dari pembeli akan besar atau tidak. Nah, apabila memang sudah mendapat respon positif tak ada salahnya untuk memperbesar usaha anda.
3.      Tempat.
Setelah permasalahan nomor satu dan dua teratasi. Maka, langkah selanjutnya adalah tempat. Ini penting apalagi usaha yang akan dilakuan berhubungan dengan kuliner ataupun makanan. Maka, tempat harus menjadi prioritas selanjutnya. Berbeda dengan jasa ataupun produk lain yang memang tidak memerlukan tempat khusus. Untuk tempat saran saya adalah pilih tempat yang kira-kira menjadi kunci dari berbagai aktivitas dilingkungan anda. Jangan terlalu pojok dan jauh tempat yang terlihat oleh banyak orang akan memudahkan para atau pengguna jasa kita.
4.      Brand/Nama.
Ini merupakan aspek penting bagi anda. Karena, brand atau nama mencirikan perusahaan atau bisnis anda jangan sehingga anda lebih mudah untuk menngenalkan, mempromosikan, dan mengiklankan usaha anda kepada khalayak ramai serta memudahkan para pembeli tentang usaha anda.
5.      Manajemen.
Setelah itu maka mulailah memanajemen usaha anda. Kuncinya apabila kita bisa manajemen  diri sendiri maka anda tidak akan susah dalam memeneg perusahaan atau bisnis anda karena orang yang sukses adalah orang yang mampu mengatur dirinya sendiri.
6.      Evaluasi.
          Evaluasi setiap satu bulan sekali atau bila perlu satu minggu sekali. Fungsinya yaitu, untuk mengetahui kekurangan dan kemajuan bisnis anda. Anda tentu tidak mau kalau bisnis anda tidak berjalan dengan bai. Untuk itu, lakukan perbaikan minimal satu bulan satu kali untuk kelancaran dan kesuksesan bisnis anda.
Itulah beberapa tips bagi kalian yang memang menginginkan penghasilan tambahan dan sedikit mengurangi beban orangtua khususnya bagi para mahasiswa yang memang memiliki kemampuan ekonomi yang menengah kebawah serta bagi kalian yang memang ingin mencari pengalaman berbisnis semoga bermanfaat. Dan satu kata, tanamkan niat dari diri karena tanpa niat semuanya tak akan terwujud.

1 komentar: