Jumat, 05 Juni 2015

CONTOH LAPORAN HASIL DISKUSI



LAPORAN HASIL DISKUSI
Peran Penting Makanan Bagi Kesehatan
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan.
Cermat dalam pemilihan makanan adalah salah satu langkah penting dalam pemeliharaan kesehatan. Tak dapat di pungkiri, saat ini banyak makanan yang tidak sehat di sekeliling kita. Diantaranya makanan yang mengandung boraks dan formalin.
Boraks adalah bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks dalam jangka panjang akan menyebabkan gangguan otak, hati, kerusakan ginkal, bahkan kematian. Sedangkan formalin, adalah bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet yang ampuh dan biasa digunakan untuk mengawetkan mayat.
B.     Tema.
Peran penting makanan bagi kesehatan.
C.    Tujuan.
Tujuan dari diskusi ini yaitu memberikan penjelasan bagi peserta diskusi tentang pentingnya peranan makanan bagi kesehatan tubuh.
D.    Manfaat Diskusi.
Diskusi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang cara memilih makanan sehat untuk tubuh dan cara menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya.
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI
A.    Pelaksanaan.
1.      Topik Diskusi dan Pembicara.
Pembicara/panelis dalam diskusi ini adalah dr. Ainun Atmajapakar kesehatan dari Universitas Anak Bangsa dengan makalahnya yang berjudul “Bahaya Boraks dan Formalin bagi Kesehatan”.
2.      Peserta.
Praktisi pendidikan, guru, mahasiswa dan siswa-siswa yang merupakan perwakilan dari SMA/SMK negeri dan swsta se-Jawa Barat dan Mahasiswa/i Perguruan Negeri dan Swasta se-Jawa Barat.
3.      Waktu dan Tempat.
Hari           : Senin
Tanggal     : 25 Febuari 2014
Waktu       : 08.00 s.d 12.00 WIB
Tempat      : GOR Sinar Alam
B.     Uraian Singkat Pelaksanaan Diskusi.
Secara umum, diskusi berjalan lancar empat jam. Pelaksanaan diskusi sangat menarik dan apresiatif, baik dari pembicara maupun peserta. Apalagi permasalahan yang disampaikan panelis sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana penggunaan boraks dan formalin sangat mudah ditemui dalam makanan.
BAB III PENUTUP
            Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan berbagai aktivitas. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung zat gizi. Zat-zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memp[eroleh energi. Zat makanan yang diperlukan tubuh, diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
            Maka dari itu sekerang kita harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Ada baiknya kita makan makanan buatan sendiri karena lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar