Minggu, 30 April 2023

MENGENAL TANAMAN ALGONEMA


Aglaonema, sri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami. Orang Indonesia menamakan tanaman ini dengan nama Sri Rejeki karena tanaman ini setelah di tanam dan hidup dan mengluarkan tunas baru maka orang yang menanam terserbut akan mendapat rejeki yang banyak ini mitos orang indonesia. Yang jelas kalau kita berkerja maka akan mendapat rejeki dan sebaliknya.

Ini yang menakutkan teryata tanaman hias sri rejeki beracun yang lumayan mematikan, karena getahnya mengandung kristal oksalat  yang bentuknya seperti jarum tapi harus mengunakan mikroskop untuk bisa melihatnya. Maka tanaman hias ini sangat berbahaya apa lagi kalau sampai kena mulut, lidah, tengorokan bisa bengkak apa lagi yang terkena daerah tengorokan yang luka bisa sesak napas dan berakhir dengan kematian bila pertolongan telat. Tanaman sri rejeki atau aglaonema sangat berbaya untuk anak kecil apa bila sampai tertelan,  biasanya anak-anak kecil yang baru bisa berjalan yang dimana yang namanya anak-anak tidak tahu apa- apa dan suka mencoba hal-hal baru dan pengawasan ibu yang kurang, sebaiknya bila mempunyai anak-anak untuk tanaman jenis ini bisa di letakan agak jauh dari tempat bermain anak-anak atau bisa diletakan yang dimana anak-anak tidak bisa menjangkau. 

Tanaman ini juga bahaya buat orang dewasa bukan hanya anak kecil saja maksutnya untuk orang dewasa tingkat kekebalan kesehatan tubuh sudah kuat tapi tidak menutup kemungkinan bisa berujung kematian bila tidak di tindak lanjuti secara cepat dan tepat. Sifat dari tanaman aglaonema beragam, ada yang dapat terkena sinar matahari dan ada juga yang harus ternaungi, sebagian aglaonema dapat hidup ditempat lembab dan sebagian lagi ditempat sedikit kering, tanaman aglaonema tergolong bandel, mudah dirawat dan cocok dijadikan tanaman indoor, apalagi aglaonema terkenal dengan motif daunnya yang indah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar