Kamis, 07 November 2013

Filsofi Jurus PPS Nampon Trirasa Sumedang

hai...hai....hai.... sobat netters kali ini ane posting tentang filosofi jurus PPS Nampon TRI RASA Sumedang nih... penasaran kan.. apasih PPS Nampon itu?? PPS Nampon itu merupakan perguruan pancak silat tatar sunda atau asli sunda yang dikembangkan oleh ua Nampon dari padalrang nah nampon sendiri adalah seni beladiri, pengobatan, dan seni ibing, dengan menggunakan tenaga dalam dipadukan dengan pola perbafasaan dan gerak jurus nah mungkin kalo dari netters yang udah tau atau bahkan ikutan PPS Nampon itu sendiri sudah gak asing lagi... ok sekarang kita langsung ke inti dari judul di atas.. setiap gerak atau jurus pasti memiliki nilai filosofisnya dalm nampon pun demikian mau tau apa saja ini dia...

Hiji




Filosofi : Berusaha terlebih dahulu, setelah itu baru menerima hasilnya
Makna Beladiri : Untuk membuka kuncian atau pegangan yang menggunakan putaran atau rotasi jurus, sekaligus menggunakan tonjokan dengan tangan mengepal dan tangan terbuka (sodokan).
Makna Kesehatan: Kekuatan difokuskan pada wilayah dada sehingga dari segi kesehatan meningkatakan ketahanan organ tubuh wilayah dada seperti paru-paru, saluran pernafasan serta jantung.
Dua Jeublag



Filosofi : Terima segala sesuatu yang ada di lingkungan kita, serap yang baik dan keluarkan yang tidak baik dengan hati yang baik juga
Makna Beladiri : Selain membuka kuncian pegangan juga disertai dorongan telapak tangan, secara kembar atau sebelah tangan, kearah sasaran yang kosong.
Makna Kesehatan : Gerakan dari jurus ini bertumpu pada motor penggerak kedua bahu kiri dan kanan sehingga dari segi kesehatan akan meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh pada daerah sekitar punggung bagian belakang.
Dua Teundeud 
 
Filosofi : Redam semua sifat ekstreem yang ada di dalam diri dan yang ada di lingkungan kita
Makna Beladiri: Untuk menekan badan atau bagian badan lawan supaya terjerembab ke bawah.
Makna Kesehatan : Gerakan jurus yang agak membungkuk kedepan melatih otot-otot perut berkontraksi sehingga secara kesehatan akan meningkatkan daya tahan organ perut kebawah bagian depan tubuh seperti lambung, sistem pencernaan, usus buntu, hingga saluran ureter dan alat vital.

Tilu / Tarik



Filosofi : Berusaha menjadi pribadi yang menarik dimanapun kita berada
Makna Beladiri : Menarik rambut/kepala, bawa ke arah kita supaya lebih mudah disambut oleh dengkul atau gerakan-gerakan jurus lainnya.
Makna Kesehatan : Gerakan jurus yang terfokus pada kekuatan menarik ke arah bagian tengah tubuh menjadikan peningkatan daya tahan tubuh bagian tengah yang berpusat pada cakra solar plexus.

Opat Liwat



Filosofi : Liwatkan hal-hal yang perlu diliwat
Makna Beladiri : Menyambut serangan lawan yang silang ditahan oleh satu tangan di daerah pergelangannya, kemudian sikut kita dengan menggunakan jurus ini mengarah pada titik rawan didarerah sikut lawan, sehingga dengan demikian badannya akan terpelanting.
Makna Kesehatan : Gerakan memutar bahu kiri dan kanan pada jurus ini selain meningkatakan ketahanan sekitar wilayah dada bagian atas juga ketahanan samping kiri dan kanan (dibawah ketiak).

Opat Tomplok



Filosofi : Tomplokkan / berikan segala sesuatu dengan adil / seimbang kekiri dan kekanan
Makna Beladiri : Membanting lawan dengan gerakan ini, sehingga lawan terjatuh terlentang ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan.
Makna Kesehatan : Gerakan kombinasi antara memutar, menekan dengan sedikit membungkuk pada jurus ini meningkatkan ketahanan dan meningkatkan fungsi organ tubuh, sistem endokrin yang mengeluarkan enzim-enzim kebutuhan tubuh, seperti pankreas, empedu dan hati.

Opat Gileus



Filosofi : Gileus / hancurkan segala sifat-sifat tidak baik yang ada dihati sanubari, dan pasrahkan / ingat selalu ke Allah.
Makna Beladiri : Untuk menetralkan dorongan sebelah tangan ke arah dada kiri atau kanan yang sudah menempel atau rapat ke badan, kemudian dilakukan gerakan gileus telapak tangan memutar sehingga lawan kehilangan tenaga, kemudian bisa disusul dengan rangkaian jurus-jurus atau gerakan lain, diantaranya sikut atau pukul dengan telapak tangan miring ke arah pipi atau leher. Jurus Gileus merupakan jurus rapetan, bisa juga digunakan jurus balik, juga bisa digunakan untuk menyambut serangan lawan.
Makna Kesehatan : Gerakan memutar kiri dan kanan pinggang melatih tubuh bagian tersebut sehingga meningkatkan organ tubuh seperti ginjal oleh gileus kiri; hati dan sistem pencernaan usus 12 jari oleh gileus kanan.

Opat Colok



Filosofi : Cegah orang lain untuk membicarakan keburukan-keburukan kita
Makna Beladiri : Menghadapai serangan sebelah sejajar, sebelah tangan menangkis serangan kesebelah luar, sebelah lagi melakukan gerakan colok ke daerah tenggorokan lawan.
Makna Kesehatan : Gerakan menyerang lawan di muka pada jurus ini secara psikis mengisyaratkan bahwa pertahanan seluruh tubuh sudah siap menghadapi menghadapi tantangan, artinya dari segi kesehatan meningkatkan daya tahan seluruh tubuh bagian depan dengan fokus pada hati sebagai kekuatan mental sebagai pengontrol dan mangaktifkan kelenjar thyroid ke seluruh badan untuk mengatur metabolisme tubuh.


Opat Potong



Filosofi : Patahkan niat buruk orang dan niat buruk diri sendiri
Makna Beladiri : Menyambut serangan silang dari lawan, dengan menangkap pergelangan tangan lawan supaya menengadah, dan tangan lainnya melakukan gerakan memotong kesamping atau sesuai dengan gerakan tangan lawan.
Makna Kesehatan : Gerakan jurus yang agak mendongkak dan membungkuk membentuk peningkatan daya tahan tubuh bagian tulang belakang sebagai pengatur keseimbangan tubuh.
  
Lima / Penutup


Filosofi : Pasrah ke Allah Pencipta Alam Semesta
Makna Beladiri : Untuk membuka tangan lawan yang mencekik daerah leher, sehingga tangan lawan terbuka, lalu wilayah tengah lawan terbuka sehingga kita bebas menggunakan serangan dengan jurus lain.
Makna Kesehatan : Gerakan menarik energi dari bagian tengah tubuh ke arah atas, melatih tubuh hingga terjadi peningkatan daya kerja otak yang bersumber dari energi bagian bawah tubuh sebagai filter nafsu serta peningkatan panca indera, dari cakra bawah ke cakra mahkota dan mengendalikan energi dan emosi oleh nalar / pikiran.

nah itu netters filosofi dari urus nampon gimana mengagumkan gak?? sobat netters sekkian dulu postingan tentang jurus nampon lain waktu ane posting tentang sejarah berdirinya paguron ini ok...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar