Minggu, 09 November 2014

CONTOH PIDATO TENTANG LINGKUNGAN HIDUP



Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum warrohmatullohi wabarrokathu

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh swt. Atas rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan terhadap nabi besar nabi akhir zaman Muhammad Saw. Kepada keluarganya, kepada para sahabatnya kepada para tabi’it tabi’inya sampai kepada kita selaku umatnya.

Yang terhormat
Yang saya hormati
Serta rekan-rekan yang saya banggakan

            Sebelum saya memulai pidato ini saya ingin mengingatkan tentang slogan-slogan yang terpampang di tiap sudut sekolah kita baik di dalam kelas ataupun di lorong-lorong sekolah diantaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan sebagian dari iman”, serta “Jagalah kebersihan”. Slogan-slogan tersebut mungkin sangat familiar buat kita karena hamper di setiap ruangan terdapat slogan-slogan seperti itu. Tapi apakah slogan-slogan tersebut menggugah kita untuk mengamalkannya? Seringkali kita melihat banyak murid-murid membuang sampah sembarangan baik itu kertas-kertas bekas ataupun bekas plastik yang digunakan untuk kemasan makanan.

            Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan.
            Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana. Karena dampak yang ditimbulkan bukan hanya mencemari lingkungan sekolah kita tapi dapat menjadikan suasana belajar kurang nyaman. Untuk itu demi mencapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kepada para siswa untuk menjaga kebersihan supaya lingkungan sekolah tempat kita belajar menjadi nyaman untuk digunakan. Supaya para siswa yang belum sadar mengetahui akan betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah.

            Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan
            Janganlah slogan-slogan yang tadi saya contohkan tersebut tidak kita pedulikan seperti hiasan belaka tanpa dilaksanakan, contohnya masih banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan, merobek-robek kertas dalam kelas dan membuangnya seenaknya. Selain itu masih banyak contoh-contoh lain yang mencerminkan siswa tidak menyadari akan arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

            Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan.
Tentu kita tidak mau bahwa sekolah kita kotor, kumuh, dan penuh dengan sampah. Karena sampah-sampah tersebut bukan hanya dapat mencemari lingkungan namun dapat mengganggu aktivitas sehingga konsentrasi dengan pelajaran menjadi terganggu. Untuk itu saya mengajak kepada rekan-rekan semuanya kita mulai dari kita sendiri, kita mulai dengan hal-hal kecil dari kita sendiri seperti membuang sampah yang digunakan oleh kita pada tempatnya serta senantiasa mengamalkan dan memaknai slogan-slogan kebersihan yang berada di tiap sudut sekolah kita.

Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan
Saya mengajak kepada rekan-rekan semuanya mari kita saling bahu membahu  menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini karena bila tidak oleh kita sendiri sebagi warganya mau oleh siapa lagi? Karena orang lain belum tentu mau mengerjakannya. Apabila kegiatantersebuti kita amalkan dan laksanakan maka akhirnya akan tercipta suasana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya melalui kebersihan..

Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai dan saya banggakan
Kiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin semuanya. Akhir kata saya ucapkan wabilahi taufiq walhidayah wassalamualikum wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar