Senin, 29 Desember 2014

TIPS MENJADI ORANG KREATIF




            Seseorang yang kreatif bukanlah seseorang yang selalu menemukan hal-hal baru. Orang yang kreatif adalah orang yang selalu melihat segala sesuatu dengan cara yang berbeda, menemukan dan melakukan cara yang diluar kebiasaan, serta memanfaatkan apa yang ada untuk menjalankan caranya tersebut. Pertanyaannya, bagaimana agar kita menjadi orang yang kreatif? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menjadi orang yang kreatif.
1.      Buka mata, buka telinga.
Kemampuan kita untuk selalu terbuka terhadap berbagai hal akan memberikan energi yang luar biaa untuk mampu mencintai segala sesuatu, termasuk mencintai profesi kita. Mencintai itu harus kita lakukan dengan penuh ketulusan. Kalo kita dengan tulus melakukan pekerjaan, maka tidak akan ada beban sedikitpun yang mengganjal terhadap apapun yang kita lakukan.
2.      Percaya diri.
Kemampuan untuk mengenali apa yang menjadi keistimewaan kita merupakan hal terpenting dalam hidup kita. Karena itu, ada istilah “mempercayai kemampuan kreativitas anda, adalah separuh dari sukses itu sendiri”. Untuk bisa kreatif, kita harus bisa berMIMPI besar untuk menggapai sesuatu. Hidup kita tidak akan bergairah apabila kita tidak memiliki impian dan target. Orang yang percaya diri, akan menyusun mimpi dalam sebuah cita-cita hidup.
3.      Tanamkan semangat belajar.
Belajar bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan melalui cara apa saja. Kamu bisa bertanya kepada yang ahli, membaca buku, jalan-jalan, menonton film, mengikuti pelatihan dan kursus, seminar, browsing internet, dan banyak lagi.
            Beberapa ungkapan untuk memotivasi kita supaya belajar seperti “Belajarlah sampai ke negeri cina”. “belajarlah mulai dari sejak buaian ibu sampai ke liang lahat”, “untuk meraih kebahagiaan didunia capailah ilmu, untuk meraih kebahagiaan di akhirat capailah ilmu, dan untuk meraih kedua-duanya, capailah dengan ilmu.” Orang yang selalu belajar, akan memiliki pola pikir kreatif dalam kesehariannya.
4.      Bergaul dengan orang-orang kreatif.
Jika ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah dengan siapa da berteman. itu mungkin ungkapan yang tepat akan arti pentingnya seorang teman. Apabila kamu selalu bersama dengan seseorang yang suka bernyanyi, lama kelamaan kamu juga akan senang menyanyi. Maka, jika kamu bergaul dengan orang-orang yang kreatif, kamupun akan menjadi orang yang kreatif.
5.      Jadilah komunikator yang baik.
Saat ini dunia begitu sempit, apa yang terjadi dibelahan bumi lain, dapat kita ketahui dengan waktu yang sangat singkat. Jadi, untuk menumbuhkan kreativitas kita, harus bisa memanfaatkan sarana komunikasi yang ada.
6.      Ciptakan lingkungan yang kondusif.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk menciptakan kreativitas dibutuhkan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan, penuh rasa humor, spontan, dan memberikan ruang kepada individu untuk melakukan berbagai permainan atau percobaan.
            Permainan dan percobaan mendorong kamu dalam suatu pikiran yang berisi banyak elmen yang kamu butuhkan untuk kreatif. Misalnya, keingintahuan, imajinasi, eksperimentasi, fantasi, spekulasi, atau apa saja.

            Nah itu guys sedikit Tips untuk menjadi seseorang yang kreatif. Selamat mencoba ok, sukses selalu. Dan, jangan berhenti untuk mencoba.
 @ZMIbrahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar