Rabu, 04 Februari 2015

FAKTA-FAKTA YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG BAGAIMANA MENGAHADAPI WAWANCARA KERJA.




Tuntutan pekerjaan memang tak bisa terpisahkan dalam diri manusia. Semua manusia pasti akan menghadapi apa yang dinamakan bekerja demi mendapatan penghasilan. Namun, wawancara kerja merupakan salah satu indikator terpenting dalam proses penerimaan karyawan. Seperti dilansir oleh Lakeland.com berikut fakta-fakta yang harus anda ketahui tentang cara menghadapi wawancara kerja. Fakta-fakta tersebut jga disertai dengan tips dan saran-saran untuk mengatasinya.
Fakta 1. Tujuan interview atau wawancara dari sudut pandang anda adalah “To sell your self” dan memberi anda kesempatan dan berbagi informasi tentang pencari kerja dan kebutuhannya, sejarah perusahaan, lingkungan kerja, aktivitas bisnis, dan rencana masa depan. Barulah anda memutuskan apakah pekerjaan tersebut memang untuk anda.
Fakta 2. Resume membawa langkah anda menuju pintu pencari karyawan. Resume mambantu anda untuk mengomunikasikan kualifikasi yang anda miliki kepada pencari karyawan. Akan tetapi, resume hanya digunakan untuk menyeleksi kandidat-kandidat untuk dipanggil dalam wawancara kerja. Terkadang, orang yang mewawancarai anda bahkan belum membaca resume anda dan membacanya pertama kali selama wawancara dilakukan.
Fakta 3. Kadang hal tersebut benar, terutama apabila anda memiliki jaringan. Wawancara kerja membutuhkan keahlian/skill. Kesempatan sukses dalam wawancara kerja akan meningkat apabila anda tahu tentang persiapan wawancara kerja.
a.       Ceritakan tentang kelebihan anda kepada pencari kerja.
b.      Dress for success.
c.       Gunakan kekuatan pribadi anda.
Fakta 4. Pelajari perusahaan pencari karyawan, seperti sejarah perusahaan, produk dan servis yang dijual, dan lokasi. Cari data laporan tahunan perusahaan bertia dari media massa atau literatur lainnya. Atau pergilah ke perpustakaan dan cari materi-materi tersebut. Anda juga bisa mempelajari perusahaan pencari kerja melalui internet. Bicaralah dengan calon rekan kerja anda atau dengan orang-orang yang tahu tentang perusahaan tersebut.
Fakta 5. Salah satu alasan kenapa pencari karyawan menerima seseorang adalah karena pewawancara merasa nyaman bersama anda dan yakin bahwa anda akan diterima oleh yang lainnya. Atau dengan kata lain, pewawancara menyukai anda. Pewawancara memberi anda kesempatan untuk menunjukan kepribadian anda, intelektualitas anda, serta bakat dan minat anda.
Fakta 6. Jangan memakai apapun yang dapat mengalihkan perhatian pewawancara dari apa yang sedang anda coba katakan.
Fakta 7. Banyak pencari karyawan yang embuat janji wawancara melalui telepon, tetapi mereka mungkin akan melakukan interview awal melalui telepon. Anda dipanggil untuk datang pada wawancara resmi tergantung pada bagaimana anda melakukan wawancara melalui telepon ini. Bersiaplah, pegang resume anda, informasi perusahaan atau alamat yang anda tuju, kertas dan alat tulis. Jangan biarkan si pencari karyawan menunggu di ujung telpon sementara anda mencari bahan-bahan tersebut disana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar