Rabu, 18 Februari 2015

HAL PENTING PRAWAWANCARA




Sebelum menjalankan sesi wawancara kerja, biasanya anda mendapat panggilan melalui telpon atau surat. Tentu saja hati anda bergetar, karena pekerjaan yang anda impikan tinggl selangkah lagi. Biasanya tes wawancara dilakukan setelah anda lolos tes tertulis. Ingat, tes tertulis hanyalah satu jalan yang baru saja anda lalui, dan tes wawancara tidak kalah pentingnya untuk anda kuasai.
Untuk menyiapkan diri menghadapi tes wawancara, beberapa hal yang hendaknya anda lakukan adalah :
1.      Perbaiki IQ wawancara kerja anda.
Kegiatan ini bisa anda lakukan dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan wawancara kerja. Akan menjadi keuntungan tambahan jika anda memperoleh buku panduan wawancara kerja dalam bahasa inggris. Banyak sekali perusahaan besar terutama perusahaan multinasional, menggunakan standar wawancara berbahasa inggris. Ujilah kemampuan anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul dalam wawancara kerja. Tiga hal pokok yang akan pasti ditanyakan kepada anda yaitu, tentang diri anda, kemampuan dan pengalaman anda, serta berapa gaji yang anda inginkan.
2.      Mencari banyak informasi mengenai perusahaan tersebut.
Anda bisa memperoleh informasi dengan memperbanyak membaca jurnal, majalah, koran, hingga internet mengenai perusahaan yang hendak anda tuju, tiga hal pokok yang perlu anda ketahui. Antara lain, perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, produk/jasa unggulan, dan perkembangan terkini.
3.      Melihat lokasi wawancara sehari sebelumnya.
Sungguh sangat penting untuk mengetahui lokasi wawancara akan berlangsung. Jika anda naik bus, taksi atau angkutan umum, cari tahu lokasi tercepat untuk menuju lokasi tersebut. Jika anda naik sepeda motor atau mobil. Anda akan tahu butuh waktu berapa lama untuk sampai ke sana sehingga anda dapat menyiapkan diri dengan lebih baik dan tidak terlambat. Jika anda, masih tidak mengenal lokasinya, kemungkinan besar anda akan tersesat atau terlambat datang ke lokasi.
4.      Datanglah 30 menit lebih awal.
Penting untuk diketahui bahwa lebih baik anda menunggu si pewawancara ketimbang sebaliknya. Jangan pernah datang terlambat, itu merupakan kunci utama! Datang terlambat hanya akan memberi kesan buruk dan hampir pasti anda akan dieliminasi. Datang lebih awal juga akan memberi anda cukup waktu untuk bernafas lebih tenang dan menaikan kepercayaan diri.
5.      Berpakaian formal dan rapi.
Ingatlah bahwa anda mendatangi sebuah sesi wawancara kerja, bukan pesta pernikahan atau pesta ulang tahun teman. Pilihlah baju formal anda yang terbaik, berpakaianlah dengan rapi yang memberi kesan bahwa anda siap bekerja! Jangan berpakaian seronok, memakai perhiasan yang mencolok atau berpakaian kumal, dekil, dan seenaknya. Selalu ingat “ you are what you wear!”
Source. Ikatan Tentor Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar