Selasa, 31 Maret 2015

STRUKTUR DAN FUNGSI SEL




Sel mengandung struktur fisik yang terorganisir yang dinamakan organel. Sel terdiri dari dua bagian utama yaitu inti dari sitoplasma keduanya dipisahkan oleh membrane inti. Sitoplasma dipisahkan dengan cairan sekitarnya oleh membran sel. Berbagai zat yang membentuk sel secara keseluruhan disebut protoplasma.
1.      Membran Sel.
Membran sel terutama terdiri atas lipid dan protein, merupakan struktur elastis yang sangat tipis, penyaring selektif zat-zat tertentu, memberi bentuk sel tetapi melekatkannya pada sel lain. Bahkan yang lebih penting membran sel bekerja sebagai pintu gerbang dari dan ke sel, memungkinkan hanya zat-zat tertentu saja lewat pada kedua jurusan dan bahkan secara aktif mengangkut beberapa zat secara selektif.
2.      Membran inti.
Membran inti merupakan dua membran yang saling mengelilingi. Pada kedua membran yang bersatu merupakan tempat yang permeabel sehingga hampir semua zat yang larut dapat bergerak antara cairan inti dan sitoplasma.
3.      Retikulum endoplasma.
-RE granular yang pada permukaannya melekat ribosom yang terutama mengandung RNA yang berfungsi dalam mensintesa protein. –RE agranular, tidak ada ribosom. Berfungsi untuk sintesa lipid dan enzimatik sel.
4.      Komplek golgi.
Komplek golgi (aparatus golgi) adalah suatu komplek membran dan vesikel yang berperan dalam sekresi berbagai protein yang disintesis di ribosom.
5.      Sitoplasma.
Sitoplasma yaitu suatu medium cair banyak mengandung struktur organel sel yang terutama terdiri atas protein yang terlarut dalam cairan tersebut, elektrolit-elektrolit, glukosa, dan sedikit fosfolipid, kolestrol dan ester asam lemak. Juga mengandung banyak lemak mikrofilamen yang terdiri atas protein fibrilar. Sehingga, terbentuklah bahan yang agak padat yang membentuk membran sel.
6.      Mitokondria.
Mitokondria adalah organel yang disediakan untuk produksi energi dalam sel. Merupakan sumber tenaga dari sel karena diberbagai zat makanan untuk menghasilkan tenaga penggerak bagi kegiatan-kegiatan lain dari sel. Termasuk untuk katabolisme/pernafasan sel. Tanpa mitokondria maka sel-sel tidak mampu menyadap jumlah energy dari makanan dan oksigen, dan akibatnya fungsi-fungsi yang penting dari sel akan berhenti.
7.      Lisosom.
Lisosom adalah bungkusan enzim pencernaan yang terikat membrane. Dan merupakan organ pencernaan sel.
8.      Sentriol.
Sentriol merupakan struktur silindris kecil yang berperan penting pada pembelahan sel.
9.      Inti sel (nukleus).
Inti adalah pusat pengawasan dan pengaturan sel. Mengandung DNA yang disebut gen.
10.  Nukleoli.
Nukleoli merupakan struktur protein sederhana mengandung banyak sekali RNA. Jumlahnya dapat satu atau lebih.
11.  Ribosom.
Ribosom berfungsi untuk sintesis protein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar