Selasa, 19 Mei 2015

KARENA WAKTU ADALAH UANG




Aduh, hari ini aku harus belajar untuk quiz Farmakologi besok. Pulang kuliah ada janji kumpulan Nurse Care. Tugas Presentasi Patofisiologi belum selesai lagi. Bagaimana, nih? Jika kamu sering mengalami masalah seperti itu, hati-hati, lho. Mungkin kamu mempunyai kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.
Jika semua pekerjaan harus dikerjakan dalam waktu yang bersamaan, kamu akan gelagapan seperti orang kehabisan napas. Waktu terasa sempit. Pekerjaan yang dilakukan pun hasilnya tidak akan optimal.
Coba tebak! Ada satu hal yang sangat berharga, tetapi sering kali kita sia-siakan. Apakah itu? Tepat. Hal itu adalah waktu.
Jika mempunyai waktu luang, kita sering bermalas-malasan. Padahal, masih banyak pekerjaan dan tugas yang bisa di cicil saat itu. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar waktu yang kita punya benar-benar bermanfaat. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa atau pelajar yang punya banyak aktivitas.
Sekedar ilustrasi, jika ada beberapa batu besar, kemudia batu kerikil yang banyak, dan sebuah ember. Bagaimana caranya agar batu-batu tersebut bisa masuk dalam ember secara optimal? Batu mana yang harus dimasukan terlebih dahulu? Jika kamu berfikir bahwa yang harus dimasukan terlebih dahulu adalah batu yang besar maka pemikirian mu tepat. Batu besarlah yang harus dimasukan terlebih dahulu, baru batu kecil karena batu kecil akan mudah menempati tempat disela-sela batu besar. Batu-batu besar kita ibaratkan sebagai hal-hal yang penting dalam hidup kita. Adapun batu kecil kita ibaratkan hal-hal kecil tapi menyita waktu kita. Misalnya, menelpon pacar, sibuk memainkan gadget untuk hal yang kurang berguna, berdandan, nongkrong gak jelas dan lain-lain. Intinya, jika kamu tidak menjadwalkan waktu untuk batu-batu besarmu, bisa-bisa hal-hal penting tidak akan sempat kamu kerjakan.
Kita juga harus menghilangkan sifat suka menunda-nunda pekerjaan. Walaupun pada akhirnya, kita bisa mengerjakan semuanya, ini akan membuat mu stress dan tertekan. Kurangi sifat suka bermalas-malasan. Bukan berarti kamu tidak boleh bersantai, hanya kurangi frekuensinya. Jangan santai secara berlebihan.
Apa kamu mempunyai agenda dirumah? Jika kamu memilikinya maka sangat bagus. Kamu bisa memanfaatkan agendamu sekarang juga. Tulislah “batu-batu besarmu” sekaligus “batu-batu kecilnya”. Jangan lupa atur waktu kapan kamu akan mengerjakannya.
Segala sesuatu yang ditata dengan rapi akan memberikan hasil yang lebih optimal. Tidak percaya? Coba masukan pakaian-pakaian mu yang belum dirapikan kedalam tas secara asal. Kemudian, kamu keluarkan, lalu lipat dan atur pakaianmu dengan rapi kedalam tas. Perhatikan, mana yang lbih efektif dan efisien? Tentu pakaian yang sudah dilipat dan diatur dengan rapi.
Jadi, mulai sekarang, kamu yang harus mengendalikan waktumu, bukan waktu yang mengendalikan mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar