Selasa, 23 Juni 2015

Bahan Makanan yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan. Pada Diet Garam Rendah


1.)    Bahan makanan yang dianjurkan antaralain :
a.       Sumber karbohidrat : beras, kentang, singkong, terigu, topika, hunkwe, gula makanan yang diolah dari bahan makanan tersebut diatas tanpa garam dapur dan soda seperti : makroni, bihun, mie, roti, biskuit dan kue kering.
b.      Sumber protein hewani : telur maksimal 1 butir sehari, daging dan ikan maksimal 100 g sehari.
c.       Sumber protein nabati : semua kacang-kacangan dan hasilnya yang diolah dan dimasak tanpa garam dapur.
d.      Sayuran : semua sayuran segar, sayuran yang diawet tanpa garam dapur dan natrium benzoat.
e.       Buah-buahan : semua buah-buahan segar, buah yang diawet tanpa garam dapur dan natrium benzoat.
f.       Lemak : minyak goreng, margarin, dan mentega tanpa garam.
g.      Minuman : teh, kopi.
h.      Bumbu : semua bumbu kering yang tidak mengandung garam dapur dan lain ikatan natrium. (garam dapur sesuai ketentuan untuk Diet Garam Rendah II dan III).
2.)    Bahan makanan yang tidak dianjurkan.
a.       Sumber karbohidrat : roti, biskuit, dan kue-kue yang dimasak dengan garam dapur dan/atau beaking powder dan soda.
b.      Sumber protein hewani : otak, ginjal, lidah, sardin, daging, ikan, susu, dan telur yang diawet dengan garam dapur seperti daging daging asap, ham, bacon, dendeng, abon, keju, ikan asin, ikan kaleng, kornet, ebi, udang kering, telur asin, dan pindang.
c.       Sumber protein nabati : keju kacang tanah dan semua kacang-kacangan dan hasilnya yang dimasak dengan garam dapur dan lain ikatan natrium.
d.      Sayuran : sayuran yang dimasak dan diawetkan dengan garam dapur dan lain ikatan natrium. Seperti sayuran dalam kaleng, sawi asin, asinan, dan acar.
e.       Buah-buahan : buah-buahan yang diawetkan dengan garam dapur dan lain ikatan natrium. Seperti, buah dalam kaleng.
f.       Lemak : margarin dan mentega biasa.
g.      Minuman : minuman ringan.
h.      Bumbu : garam dapur untuk Diet Garam Rendah I, beaking powder, soda kue, vetsin, dan bumbu-bumbu yang mengandung garam dapur. Seperti ; kecap, terasi, manggi, tomato ketchup, petis, dan tauco.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar