Senin, 30 November 2015

SEJARAH PERKEMBANGAN SOSIOLOGI DI INDONESIA




Sosiologi di Indonesia sebenarnyatelahberkembangsejakzamandahulu. Walaupuntidakmempelajarisosiologisebagaiilmupengetahuan, parapujanggadantokohbangsa Indonesia telahbanyakmemasukkanunsur-unsursosiologidalamajaran-ajaranmereka. Sri PadugaMangkunegoro IV, misalnya, telahmemasukkanunsurtatahubunganmanusiapadaberbagaigolongan yang berbeda (intergroup relation) dalamajaranWulangReh.
Selanjutnya, Ki HajarDewantara yang di kenalsebagaipeletakdasarpendidikannasinal Indonesia banyakmemperaktekankonsep-konseppentingsosiologisepertikepemimpinandankekeluargaandalam proses pendidikan di Taman Siswa yang didirikannya. Hal yang samadapatjugakitaselidikidariberbagaikaryatentang Indonesia yang di tulisolehbeberapa orang BelandasepertiSnouckHurgronjedan Van Volenhavensekitarabad 19. Merekamengemukakanunsur-unsursosiologisebagaikerangkaberfikiruntukmemahamimasyarakat Indonesia. SnouckHurgronje, misalnya, menggunakanpendekatansosiologiuntukmemahamimasyarakat Aceh yang hasilnya di pergunakanolehpemerintahBelandauntukmenguasaidaerahtersebut.
            Dari uraiantersebutterlihatbahwasosiologi di Indonesia padaawalnya, yaknisebelumperangduniake II hanya di anggapsebagaiilmupembantubagiilmu-ilmupengetahuanlainnya. Dengan kata lain, sosiologibelum di anggapcukuppentinguntuk di pelajaridan di gunakansebagaiilmupengetahuan, yang terlepasdariilmu-ilmupengetahuan yang lain.
            Secara formal, sekolahtinggihukum (RechtsShoge School) di jakartapadawaktuitumenjadisatu-satunyalembagaperguruantinggi yang mengajarkanmatakuliahsosiologi di indonesiawalaupunhanyasebagaipelengkapmatakuliahilmuhukum. Namun, seiringperjalananwaktu, matakuliahtersebutkemudian di tiadakandenganalasanbahwapengetahuantentangbentukdansusunanmasyarakatbeserta proses-proses yang terjadi di dalamnyatidak di perlukandalampelajaranhukum. Dalamperdaganganmereka, yang perlu di ketahuiadalahperumusanperaturannyadansistem-sistemuntukmenafsirkannya. Sementara, penyebabterjadinyasebuahperaturandantujuansebuahperaturandianggaptidaklahpenting.
            Setelahproklamasikemerdekaan 17 Agustus 1945, sosiologi di Indonesia mengalamiperkembangan yang cukupsignifikan. AdalahSoenaryoKolopaking yang pertama kali memberikankuliahsosiologidalambahasa Indonesia padatahun 1948 di akademiilmupolitik Yogyakarta (sekarangmenjadiFakultasilmuSosialdanPolitik UGM). Akibatnya, sosiologimulaimendapattempatdalaminsanakademi di Indonesia apalagisetelahsemakinterbukanyakesempatanbagimasyarakat Indonesia untukmenuntutilmu di luarnegerisejaktahun 1950. Banyakparapelajar Indonesia yang khususmemperdalamsosiologi di luarnegeri, kemudianmengajarkanilmuitu di Indonesia.
            Bukusosiologidalambahasa Indonesia pertama kali di terbitkanolehDjodyGondokusumodenganjudulSosiologi Indonesia yang memuatbeberapapengertianmendasardarisosiologi. kehadiranbukuinimendapatkansambutanbaikdarigolonganterpelajar di Indonesia mengingatsituasirevolusi yang terjadisaatitu. Bukuiniseakanmengobatikehausanmerekaakanilmu yang dapatmembantumerekadalamusahamemahamiperubahan-perubahan yang terjadidemikiancepatdalammasyarakat Indonesia saatitu. Selepasitu, munculbukusosiologi yang di terbitkanolehBardosono yang merupakansebuahdiklatkuliahsosiologi yang di tulisolehseorangmahasiswa.
            Selanjutnyabermunculanbuku-bukusosiologibaik yang tulisoleh orang Indonesia maupun yang merupakanterjemahandaribahasaasing. Sebagaicontoh, buku Social Changes in Yogyakarta karyaSeloSoemardjan yang terbitpadatahun 1962. Tidakkurangpentingnya, tulisan-tulisantentangmasalah-masalahsosiologi yang tersebar di berbagaimajalah, koran, danjurnal. Selainitu, muncul pula FakultasIlmuSosialdanPolitikdiberbagaiUniversitas di Indonesia dimanasosiologimulai di pelajarisecaralebihmendalambahkanpadabeberapaUniversitas, di dirikanjurusansosiologi yang di harapkandapatmempercepatdanmemperluasperkembangansosiologi di Indonesia.

IstilahSosiologisebagaicabangIlmuSosialdicetuskanpertama kali olehilmuwanPerancis, bernama August Comte tahun 1842 dankemudiandikenalsebagaiBapakSosiologi. Sosiologiberasaldaribahasa Latin yaituSocius yang berartikawan / teman, sedangkan Logos berartiilmupengetahuan. Ungkapaninidipublikasikanpertamakalinyadalambuku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Umumnyasosiologidikenalsebagaiilmupengetahuantentangmasyarakat. Sosiologihendakmempelajarimasyarakat, perilakumasyarakat, danperilakusosialmanusiadenganmengamatiperilakukelompok yang dibangunnya. Kelompoktersebutmencakupkeluarga, sukubangsa, negara, danberbagaiorganisasipolitik, ekonomi, sosial. Sebagaisebuahilmu, sosiologimerupakanpengetahuankemasyarakatan yang tersusundarihasil-hasilpemikiranilmiahdandapat di kontrolsecarakritisoleh orang lain atauumum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar